Kayu mahoni merupakan salah satu jenis kayu yang tak asing lagi di Indonesia, terutama dalam penggunaannya sebagai material furniture. Karena kayu yang satu ini memang memiliki habitat di daerah tropis. Kayu mahoni memang tidak sekuat kayu jati. Namun, kualitasnya tetap unggul dan dianggap cocok menjadi pengganti jati sebab harganya lebih ekonomis.

Kayu mahoni sebenarnya banyak ditemui di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Jenis kayu ini cukup populer dijadikan material furniture karena masa tanamnya yang cukup singkat dan harga yang tidak terlalu mahal. Kayu mahoni juga memiliki tekstur yang lebih lunak dari kayu lainnya sehingga mudah untuk dibentuk, dan ciri khas tone warnanya yang kemerahan.

Karakteristik Kayu Mahoni

Meskipun terlihat sama, semua jenis kayu pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jika Anda menginginkan furniture yang terbuat dari kayu mahoni, Anda tentu harus mengenal karakteristiknya terlebih dahulu. Nantinya, Anda dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sebelum menentukan pilihan terbaik.

Jenis Serat Kayu yang Menyerupai Jati

furniture mahoni

Kayu mahoni memiliki karakter serat kayu yang lurus, sangat mirip dengan kayu jati. Itulah sebabnya jenis kayu ini sangat cocok dijadikan sebagai pengganti jati. Serat lurus tersebut membuatnya mudah diolah dan dimodifikasikan menjadi beragam model tanpa mengurangi keindahannya.

Semakin Tua, Warnanya Semakin Matang

mahoni furnitureMahoni yang masih muda memiliki warna yang pucat sehingga warna tersebut kurang menarik untuk furniture atau kebutuhan lainnya. Namun, warna kayu tersebut akan semakin matang dan menarik ketika kayu semakin tua. Mahoni yang sudah berusia di atas 20 tahun memiliki warna merah hati yang menyolok. Warnanya tampak sangat natural sehingga tidak membutuhkan banyak polesan tambahan.

Jenis Finishing yang Beragam

furniture mahoni

Jika Anda ingin mempertahankan kesan warna mahoni yang kuat dan tajam, Anda bisa menggunakan bahan finishing yang terbuat dari water acrylic based. Bahan tersebut akan memperkuat tampilan asli mahoni tanpa sentuhan warna lainnya. Pilihlah tipe warna mahogany untuk menghasilkan tampilan alami terbaik. Anda bisa mengaplikasikannya pada kayu dengan cara dioles menggunakan ball, disemprot, atau dioles dengan kuas.

Sedangkan bila Anda memilih pelitur atau pernis, tampilan kayu setelah proses finishing akan bernuansa lebih pucat. Warna merahnya yang tajam pun tak lagi tampak sebagai ciri khas yang menonjol.

Kelebihan Kayu Mahoni

Furniture Kayu Mahoni

Berikut beberapa kelebihan mahoni yang bisa membuat Anda semakin yakin untuk memilihnya:

  • Karakter serat kayu yang halus, lurus, dan beragam. Sehingga tampilan natural mahoni sudah terasa mewah untuk bahan dasar furniture.
  • Daya tahan penampang kayu sangat stabil. Mahoni tidak mudah mengalami penyusutan atau pemuaian selama puluhan tahun. Itulah sebabnya mahoni juga kerap digunakan untuk bahan pembuatan gitar.
  • Kandungan minyak alaminya sangat rendah. Minyak alami pada bahan kayu dapat meninggalkan noda kekuningan pasca proses finishing. Hal ini sering terjadi pada kayu jati. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kayu mahoni yang benar-benar kering tak akan menimbulkan noda kekuningan.
  • Harganya lebih ekonomis dibandingkan kayu jati. Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa mendapatkan kualitas furniture atau produk lainnya yang setara dengan kualitas jati.

Kekurangan Kayu Mahoni

Kekurangan Kayu Mahoni

Meskipun memiliki banyak keunggulan, kayu mahoni ternyata juga punya beberapa kekurangan yang harus Anda cermati:

  • Mahoni banyak diserang hama. Anda akan kesulitan menemukan mahoni berusia matang yang kualitasnya sangat baik. Kayu ini sudah bisa dipanen sejak usia empat hingga tujuh tahun. Namun, alangkah lebih baik kalau Anda mendapatkan mahoni yang berusia puluhan tahun.
  • Butuh proses yang sangat lama untuk mengeringkan mahoni. Karena mahoni yang benar-benar kering baru memiliki kualitas unggulan yang tak kalah dengan jati.
  • Banyak tahapan yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas mahoni. Karena bahan bakunya harus disimpan dengan benar, direndam dalam larutan anti serangga, di oven dalam waktu lama, dan finishing-nya pun butuh ketelitian tingkat tinggi.

Kegunaan Kayu Mahoni untuk Furniture

Club Chair Bramble Furniture

Beberapa jenis furniture yang biasanya terbuat dari mahoni antara lain:

Selain itu, mahoni juga sering digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan, pintu, hingga peti. Kayu unggulan ini memang istimewa dan memiliki banyak manfaat. Tak mengherankan bila mahoni tergolong sebagai kayu mahal yang mewah di Eropa dan Amerika.


Cakrawala Bali Furniture & Design Interior

Contact : 085100465237

Alamat : Jln. Baja Taki II A No.7 Gatsu Barat, Denpasar Bali.

Email : cakrawalabalifurniture@gmail.com

Web : www.cakrawalabalifurniture.co.id

Baca Artikel Lainnya :

 

 

 

 

 

 

 

 

Tren 2021, Desain Interior Rumah Kekinian